Pemerintah Impor Beras, Fadli Zon Sebut Ada 4 Keanehan !! Simak

Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Fadli Zon mengatakan, rencana pemerintah mengimpor 500 ribu ton beras pada akhir Januari 2018 mengandung empat keanehan. Tindakan ini juga dianggap menyakiti petani.


SUARASOSMED - Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Fadli Zon mengatakan, rencana pemerintah mengimpor 500 ribu ton beras pada akhir Januari 2018 mengandung empat keanehan. Tindakan ini juga dianggap menyakiti petani.

"Saya melihat kebijakan impor beras ini sangat aneh. Pernyataan pemerintah tidak ada yang sinkron satu sama lain," ujar Plt Ketua DPR RI itu kepada wartawan di Jakarta, Minggu (14/01/2018).

Setidaknya, lanjut dia, ada empat keanehan di balik rencana impor tersebut.

Pertama, Kementerian Pertanian hingga saat ini masih mengklaim Januari 2018 mengalami surplus beras sebesar 329 ribu ton. Bahkan, kata Fadli, dengan mengacu data BPS, Kementan menyatakan bahwa sepanjang 2017 produksi beras mencapai 2,8 juta ton, sementara tingkat konsumsi kita sekitar 2,5 juta ton.

"Jika angka-angka ini benar, kita seharusnya memang surplus beras. Namun anehnya harga beras di pasar justru terus naik," ujar Waketum Gerindra itu.

Kedua, pemerintah menyebut kelangkaan beras terjadi pada golongan beras medium, yang selama ini dikonsumsi oleh kalangan menengah. Namun izin impor yang diterbitkan Kementerian Perdagangan malah untuk beras premium.

"Ini kan tidak nyambung. Yang dianggap masalah adanya dimana, tapi penyelesaiannya entah ke mana," sindir Fadli.

Keanehan ketiga, pemerintah berdalih impor beras bulan ini untuk menstabilkan harga, yang artinya untuk keperluan umum.

"Nah, sesuai ketentuan yang berlaku, termasuk Permendag No. 1/2018, yang disusun untuk melegitimasi impor beras ini, izin impor untuk keperluan umum hanya dapat dilakukan oleh Bulog. Silakan baca Pasal 16 Permendag No. 1/2018. Nah, ini Menteri Perdagangan malah memberikan izinnya ke perusahaan lain," ungkapnya.

Dan keanehan keempat, izin impor dikeluarkan pemerintah persis pada saat petani sedang menghadapi musim panen.

"Bagi saya, empat keanehan itu sudah lebih dari cukup membuktikan pemerintah selama ini memang tidak transparan dalam mengelola kebijakan pangan," tandasnya.

"Saya juga menilai bahwa yang membesar-besarkan kenaikan harga beras belakangan ini sebenarnya adalah pemerintah sendiri. Dan itu dipicu oleh aturan Harga Eceran Tertinggi (HET) yang tak masuk akal," sambungnya.

Dia menambahkan, saat keseimbangan harga di pasar beras berada di atas Rp 9.000, pemerintah malah menetapkan HET beras medium di angka Rp 9.450.

"Kebijakan tersebut benar-benar sulit dinalar. Bahkan muncul kesan kebijakan HET seakan-akan merupakan prakondisi untuk melegitimasi impor beras awal tahun ini," ujarnya.

Jika harga beras naik, sementara di sisi lain pemerintah mengklaim produksi beras sedang surplus, maka yang seharusnya dilakukan pemerintah adalah melakukan operasi pasar, bukannya impor.

"Impor beras pada saat menjelang panen hanya akan menekan harga gabah petani. Harga gabah petani pasti anjlok. Jadi, kebijakan tersebut sebenarnya hanya menyakiti petani. Lagi pula, angka impor 500 ribu ton itu apa dasar perhitungannya?!," tegas dia.

"Jika stok beras kita memang minus, artinya pemerintah selama ini berbohong dengan klaim surplus beras. Saya berharap setiap rencana impor, berapa jumlah yang perlu diimpor, dan kapan sebaiknya impor dilakukan, dikaji secara matang dan transparan dulu. Tidak ujug-ujug muncul angka 500 ribu ton tanpa ada dasar alasannya," paparnya. (plt)
  • [message]
    • SUMBER BERITA Dan Judul Asli - Mari Kita Sama Sama Cross Check, Pada Dasarnya Situs Ini Hanyalah Mengambil Isi Tulisan Dari Link Dengan Judul Dibawah Ini - Terima Kasih
      • [Judul Asli ► Empat Keanehan Impor Beras Versi Fadli Zon ► Sumber Berita]

COMMENTS

GET APK

Kini Suarasosmed Tersedia Dalam Bentuk APK.. Tapi Tidak Menggunakan Google Play ( Karena Harus Berbayar ) Aplikasi Suara Sosmed Dapat Anda Unduh Menggunakan link Pihak Ketiga Dan Dapat Anda Install Manual Menggunakan Langkah Dibawah Ini ..
Semoga Suarasosmed Dapat SemakiN Dekat Dihati !!..



Loading...

BERITA LAINNYA$type=sticky$count=4$author=hide$readmore=hide

MATCHED CONTENT

Loading...
Name

Beritanya,5013,BLITAR,4,EKONOMI,246,INTERMEZO,636,INVESTIGASI,1,ISLAM,429,JAKARTA,135,Kejadian,708,KERJA,8,KORUPSI,27,KRIMINAL,523,KRISTEN,302,MITOS MITOS,17,OPINI,1278,Original,6,Pendidikan,73,Pintar,314,Politik,1390,TEKNOLOGI,2,TENTARA DUA,170,TENTARA SATU,238,TERORIS,11,VIRAL,553,WORLD,326,
ltr
item
Media Informasi Kita: Pemerintah Impor Beras, Fadli Zon Sebut Ada 4 Keanehan !! Simak
Pemerintah Impor Beras, Fadli Zon Sebut Ada 4 Keanehan !! Simak
Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Fadli Zon mengatakan, rencana pemerintah mengimpor 500 ribu ton beras pada akhir Januari 2018 mengandung empat keanehan. Tindakan ini juga dianggap menyakiti petani.
https://2.bp.blogspot.com/-ic44MzZK8jY/Wlv4YGz7mGI/AAAAAAAAjyY/F18T0yUiVzIv2Bcb1bEI7q9RobEHYzqwwCLcBGAs/s1600/FADLI%2BZON.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-ic44MzZK8jY/Wlv4YGz7mGI/AAAAAAAAjyY/F18T0yUiVzIv2Bcb1bEI7q9RobEHYzqwwCLcBGAs/s72-c/FADLI%2BZON.jpg
Media Informasi Kita
https://www.suarasosmed.com/2018/01/pemerintah-impor-beras-fadli-zon-sebut.html
https://www.suarasosmed.com/
https://www.suarasosmed.com/
https://www.suarasosmed.com/2018/01/pemerintah-impor-beras-fadli-zon-sebut.html
true
2750526839367564764
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy